Pages

Kuliah, kenapa harus bermasalah seperti ini?

Saya sangat yakin, banyak di antara kita yang merasa bingung mau kuliah dimana setelah lulus dari SMA. Ya sama seperti saya, sebenarnya bingung bukan karena banyak pilihan, tetapi bingung apakah saya mampu atau tidak. yah, saya merasa sangat kecewa dengan sistem yang ada saat ini. cara untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri ini terasa memberatkan. pertama mengenai jalur undangan, ya di tahun 2013 ini saya tidak diterima di universitas yang saya idam-idam kan selama ini melalui jalur undanvgan. padahal saya seorang atlet bridge, ya bridge, bukan sembarang olahraga, olahraga otak satu ini saya rasa tidak sembarang orang yang bisa memainkannya. hanya mereka yang memiliki logika yang baik yang bisa. saya sangat sering menjuari kejuaraan bridge di tingkat nasional dan bahkan pernah membawa nama Indonesia, meskipun belum mengharumkannya. saya juga selalu masuk 3 besar di sekolah sejak SD dan bahkan sudah 2 kali mendapatkan NIM tertinggi di sekolah. tetapi kenapa masih belum bisa diterima melalui jalur undangan? kalau ditanya soal piagam, saya punya banyak. saya juga pernah mengikuti OSN kimi sampai tingkat provinsi di tahun 2012. ya, yang salah dari saya adalah terlalu berharap pada jalur undangan tanpa mempersiapkanvyang lain. tapi mau mempersiapkan bagaimana? di usia saya yang ke 17, saya harus pindah ke jakarta dan jauh dari keluarga, harus hidup dan berusaha sendiri. saya harus tetap main bridge dan juga tetap sekolah, itu yang terkadang memberatkan. sehingga setelah selesai ujian saya tidak ikut bimbingan belajar, saya harus main bridge dan mengikuti pertandingan. itu bagian dari pilihan dan resiko. tapi yang saya sesali, mengapa tidak ada jalur ataupun keistimewaan buat mereka yang memiliki segudang prestasi, jadi apa gunanya prestasi yang dikumpulkan mati-matian selama duduk di bangku sekolah ternyata tidak dilirik sedikit pun. saya menulis blog seperti ini hanya ingin berbagi, mungkin teman-teman juga merasakan hal yang sama. tapi saya punya saran, jangan terlalu berharap pada satu hal. harus berusaha sebisa mungkin. tapi ketika kalian memiliki hobi, geluti aja, jangan mikiri yang lain. toh Albert Einstein belum tentu bisa menguasai dan menggeluti semua ilmu, cukup satu, yang penting kita punya kelebihan. buat teman-teman dan saya sendiri tetap semngat buat SBMPTN nya!!

1 Response to "Kuliah, kenapa harus bermasalah seperti ini?"

  1. N'FALL.COM says:
    3 April 2016 pukul 02.00

    Semangat!!!

Posting Komentar